TIPS KESEHATAN

Rabu, 02 Mei 2018

Preventive Medicine : Mengatasi Ancaman Penyakit Degeneratif

Menurut World Health Organization (WHO), sekarang ini paling tidak ada empat penyakit degeneratif yang menjadi persoalan besar di dunia, yaitu penyakit jantung koroner, diabetes, kanker, dan penyakit paru menahun. Keempat penyakit itu tidak hanya berdampak buruk pada kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan angka kesakitan ataupun kematian pada masyarakat.

Preventive medicine, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat secara bersama-sama, merupakan salah satu cara yang menjadi andalan untuk mengatasi penyakit degeneratif sebelum menjadi komplikasi yang berat. Upaya pencegahan yang lebih murah biasanya dimulai dari prevensi primordial (sebelum penyakit terjadi), primer (tahap awal) dan sekunder (tahap lanjut) dengan mengajak masyarakat untuk hidup sehat, berolahraga secara rutin, diet seimbang, dan menghindari rokok.

Dari data program yang dilakukan pemerintah dan masyarakat di berbagai negara maju maupun berkembang, preventive medicine dapat mengatasi penyakit degeneratif. Program yang dilakukan antara lain berupa kampanye dan skrining (melakukan pemeriksaan atau check up) yang ditujukan kepada masyarakat, terutama kelompok berisiko ringgi, untuk memberikan pengertian agar mau melakukan check up yang selanjutnya akan direkomenasikan langkah-langkah berikutnya. “Dengan pelaksanaan program tersebut, penurunan insiden penyakit jantung koroner, diabetes, hipertensi, dan stroke akan terjadi dalam waktu 5-10 tahun, Untuk itu diperlukan dukungan laboratorium dengan standar yang baik, misalnya kalau kita bicara skrining diabetes, maka akan dicari tahu berapa sebetulnya kadar gula darah seseorang. Selanjutnya berapa tingkat konsentrasi kolesterol di dalam darah”, kata Dr. Dr. Anwar Santoso, SpJP(K), PhD, FIHA selaku Direktur Utama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta.

16930 Dilihat