GAYA HIDUP SEHAT

Selasa, 22 Juni 2021

Benarkah Pemeriksaan Serum Magnesium Tidak Berguna?

Saat ini Vitamin D menjadi trending untuk meningkatkan imunitas pada masa pandemi ini. Namun ada beberapa faktor yang juga mempengaruhi kecukupan Vitamin D, salah satunya adalah status kecukupan Magnesium (Mg). Prevalensi kekurangan Mg ini cukup tinggi, berdasarkan studi yang dilakukan di Indonesia sebesar 17.2%, sehingga penting untuk mengetahui kecukupan di dalam tubuh.

Fungsi penting dari Mg di dalam tubuh adalah sebagai regulator (penga

Selengkapnya

Rabu, 12 Mei 2021

Pemeriksaan Penanda Tumor untuk Pemantauan Kanker Payudara

Kanker masih menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan di seluruh dunia. Angka kejadian kanker terus meningkat setiap tahunnya, dan diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat hingga tahun 2040; dari 19,3 juta di 2020 hingga mencapai 30,2 juta di 2040. Kanker dapat datang tanpa permisi dan tanpa disadari. Sungguh menakutkan.

Di Indonesia, kanker dengan angka kejadian tertinggi jatuh kepada kanker payudara. Kanker ini menyerang para Kartini dengan jumla

Selengkapnya

Jumat, 18 Desember 2020

9 Cara Mengatasi Stres Secara Efektif

Setiap orang pastinya pernah mengalami stres. Jika stres yang dialami tidak kunjung hilang atau sering terjadi, masalah ini bisa mengacaukan kehidupan kamu. Oleh karena itu, stres perlu dikendalikan atau dikelola dengan cara-cara mengatasi stres yang tepat.

Saat dilanda stres, kamu mungkin akan mudah marah, sulit fokus, kehilangan kesenangan, libido menurun, sakit kepala, berjerawat, nafsu makan berubah, insomnia, atau kecanduan alkohol.

Selengkapnya

Rabu, 16 Desember 2020

Sindrom Metabolik Berbahaya bagi Kesehatan, Ini Penyebab dan Gejalanya

Pernahkah kamu mendengar istilah sindrom metabolik? Sindrom ini merupakan sekumpulan gejala penyakit yang terjadi pada seseorang, di antaranya:

  • Tekanan darah tinggi (hipertensi),
  • Gula darah tinggi
  • Obesitas (indeks massa tubuh lebih dari 25 kg/m2)
  • Selengkapnya

Selasa, 15 Desember 2020

7 Cara Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Klaster Keluarga

Pada beberapa kota besar di Indonesia, kasus penularan Covid-19 dari klaster keluarga terus bertambah. Klaster keluarga adalah penyebaran virus corona yang terjadi ketika salah satu anggota keluarga terinfeksi Covid-19 dari luar rumah, lalu secara tidak sadar menularkannya ke anggota keluarga yang lain.

Misalnya, saat seseorang pergi berlibur atau bepergian ke dalam keramaian tanpa memerhatikan protokol kesehatan. Tanpa disadari, mereka dapat menularkan virus s

Selengkapnya