Senin, 23 Mei 2016

Seminar Nasional Hadir di Jakarta

Seminar Nasional Hadir di Jakarta

Talkshow kali ini diadakan di De Leila Cafe FX Plaza, dengan tema “Berdenyut Sampai Usia Lanjut”. Narasumber yang hadir pada talkshow ini adalah Dr. Eka Ginanjar, SpPD, KKV , Dr. Andi Kurniawan, SpKO, Frederica, S.Si. Dan dimoderatori oleh Ujang Saeful Hikmat, s.Si. 

Penyakit Jantung Koroner (PJK) dan stroke adalah penyakit yang banyak menyerang penduduk Indonesia. Penyebab penyakit ini adalah adanya endapan lemak dan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang menyuplai hati atau otak. PJK seringkali disebut sebagai “silent killer".

Dalam pemaparannya, Dr. Eka Ginanjar, SpPD., KKV, menjelaskan bahwa faktor risiko penyakit kardiovaskular ada yang bisa dimodifikasi dan ada yang tidak bisa dimodifikasi. Faktor risiko yang tidak bisa dimodifikasi adalah usia, jenis kelamin, riwayat keluarga dan ras. Faktor risiko yang bisa dimodifikasi adalah dislipidemia (gangguan lemak dalam darah), diabetes, hipertensi, obesitas dan kebiasaan merokok.

Sedangkan, Dr. Andi Kurniawan, SpKO, menjelaskan tentang pentingnya olahraga sebagai  bagian dari gaya hidup sehat dan kebutuhan jenis olah raga yang sesuai dengan usia.

Melalui talkshow ini diharapkan masyarakat Indonesia mengenali tanda-tanda PJK dan stroke, serta memahami tindakan preventif untuk mencegah terjadinya PJK dan stroke.