Jumat, 27 Januari 2017

Panel Wellness Testing Ginjal - Hipertensi

 Panel Wellness Testing Ginjal - Hipertensi

Menurut data World Heart Federation, saat ini sedikitnya 970 juta orang di dunia mengalami hipertensi dan jumlahnya akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Kategori Hipertensi

Seseorang dikatakan hipertensi jika memiliki tekanan darah kurang dari atau sama dengan 140/90 mmHg. Sedangkan tekanan darah normal ada di angka < 120/80 mmHg. Lalu bagaimana dengan orang yang memiliki tekanan darah 130 mmHg?

Penyakit hipertensi terbagi menjadi dua kelompok, yaitu prehipertensi dan hipertensi. Prehipertensi adalah kondisi di mana seseorang memiliki tekanan darah di atas normal, tetapi belum termasuk ke dalam golongan hipertensi yang berbahaya. Pada tahap ini, penderita dapat mengontrol tekanan darahnya dengan melakukan pola hidup sehat.

Sedangkan pada hipertensi tahap 1, seseorang sudah perlu waspada karena sudah memiliki tekanan darah yang tinggi. Pada tahap ini, penderita diwajibkan untuk mengontrol tekanan darah, selain dengan pola hidup yang sehat penderita juga perlu melakukan pemeriksaan secara rutin.

Hipertensi tahap 2 adalah kondisi di mana seseorang sudah tidak mampu lagi mengontrol tekanan darah. Pada tahap ini, penderita sudah masuk ke dalam tahap yang berbahaya, jika penderita tidak dapat menjaga kondisi tubuhnya dengan baik, maka dampak terburuk akan dialami.

Hipertensi dan Gagal Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk menyaring zat-zat makanan dan membuang kotoran yang diperoleh dari darah. Tekanan darah tinggi akan melukai pembuluh darah dan membawanya ke ginjal, yang akhirnya akan menimbulkan beberapa gangguan di dalam ginjal seperti gagal ginjal, timbulnya jaringan parut di ginjal, dan pembengkakan pembuluh darah di ginjal.

Langkah Pencegahan

Meski hipertensi tergolong berbahaya dan sering dialami, bukan berarti pencegahan tidak dapat dilakukan. Menjaga pola hidup tetap sehat, diet dan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah menjadi langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

Kontrol tekanan darah juga dapat dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium. Laboratorium Klinik Prodia menyediakan panel pemeriksaan hipertensi, yang tergabung dalam Panel Wellness Testing Ginjal-Hipertensi. Panel pemeriksaan ini dirancang Prodia dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan memberikan informasi penting terkait kondisi kesehatan ginjal dan risiko kerusakan organ target lain, khususnya pada orang yang berisiko tinggi (penyandang prehipertensi, hipertensi, dan gangguan fungsi ginjal) dapat diketahui lebih awal.

Jenis Pemeriksaan Panel Wellness Testing Ginjal-Hipertensi

- Hs-CRP

Berperan sebagai penanda peradangan juga sebagai penanda adanya faktor risiko penyakit jantung koroner.

- NT-proBNP

Bermanfaat untuk deteksi gagal jantung tahap awal.

- Status Antioksidan Total (SAT)

Status SAT bermanfaat dalam memperkirakan status antioksidan dalam tubuh.

- Cystatin C

Bermanfaat untuk deteksi dini penurunan fungsi ginjal tahap awal.

- Albumin Urin Kuantitatif (AUK)

Kondisi albuminuria (lolosnya albumin ke dalam urin) berkaitan dengan peningkatan risiko kerusakan ginjal dan umumnya ditemukan pada penyandang diabetes maupun hipertensi.

- Asam Urat

Peningkatan asam urat berkaitan dengan risiko hipertensi.

- Aldosteron

Bermanfaat pada kasus hipertensi yang tidak kunjung membaik walaupun telah diberi pengobatan.

- Na, K

Sejumlah penyakit ditandai oleh adanya ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, seperti kadar Natrium (NA) dan Kalium (K).