Kamis, 28 Juli 2022

Maksimalkan Medical Tourism Indonesia-Malaysia, Prodia Jalin Kerjasama dengan IHH Healthcare Malaysia

Maksimalkan Medical Tourism Indonesia-Malaysia, Prodia Jalin Kerjasama dengan IHH Healthcare Malaysia

JAKARTA, 28 Juli 2022 – PT Prodia Widyahusada, Tbk. (Prodia) dan IHH Healthcare Malaysia telah menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) yang bertujuan untuk memberikan pilihan perjalanan pelayanan kesehatan bagi pelanggan Prodia yang biasa ke Luar Negeri dengan pilihan perawatan yang komprehensif, contohnya layanan kesehatan dan perawatan medis di Gleneagles Hospitals, Prince Court Medical Centre, dan Pantai Hospitals di Malaysia.

Acara bertempat di Auditorium Prodia Tower Jakarta dan dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD (KEMD) Ph.D., Direktur Utama PT Prodia Widyahusada, Tbk., Dewi Muliaty, bersama Chief Commercial Officer (CCO) IHH Healthcare Malaysia, Sipika Singh, serta jajaran direksi Prodia dan perwakilan dari IHH Healthcare Malaysia.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD (KEMD) Ph.D. Beliau mendukung kerjasama pariwisata medis antara Prodia dan IHH Healthcare Malaysia sebagai langkah yang inovatif dan strategis bagi kedua negara. Melalui kerjasama ini, Prodia juga membuktikan kualitas pelayanan prima yang dapat disandingkan dengan laboratorium berstandar Internasional.

Pandemi Covid-19 telah mengakselerasi kesadaran masyarakat atas pentingnya layanan kesehatan. Medical tourism nyatanya telah menawarkan suatu konsep baru di bidang medis yang nampaknya akan menjadi gaya hidup dan mempunyai potensi besar ke depannya. Medical tourism memungkinkan seseorang melakukan perjalanan ke dalam dan luar negeri untuk tujuan mendapatkan perawatan kesehatan baik general check up, treatment, maupun rehabilitasi. Dengan adanya kerjasama yang dibangun antara Prodia dan IHH ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan pasien yang memerlukan layanan pemeriksaan laboratorium klinik sebelum dan sesudah konsultasi ke dokter sehingga tercapai manajemen pasien yang efektif dan efisien. IHH Healthcare Malaysia dan Prodia berkomitmen untuk mengedepankan kualitas, mutu, dan pelayanan yang unggul kepada pelanggan sebagai tujuan utama kolaborasi ini.

“Kemitraan ini diharapkan memudahkan pasien, untuk memperoleh layanan rujukan pemeriksaan laboratorium baik untuk deteksi dini, diagnosis dan, pemantauan perkembangan penyakit. Hal ini menjadi langkah besar Prodia sebagai jaringan layanan kesehatan terbesar di Indonesia sekaligus menjadi preferred partner dengan IHH Healthcare Malaysia, brand kesehatan internasional yang menaungi beberapa rumah sakit seperti Gleneagles Hospitals, Prince Court Medical Centre, dan Pantai Hospital. Kami percaya kerja sama ini dapat memudahkan pasien yang melakukan layanan medis yang terintegrasi dengan IHH Healthcare Malaysia untuk mendapatkan layanan pemeriksaan laboratorium klinik yang lebih komprehensif,” ujar Dewi Muliaty, Direktur Utama PT Prodia Widyahusada, Tbk. Lebih lanjut, Dewi berharap agar kerjasama ini dapat dikelola secara berkelanjutan sehingga ke depannya dapat mencakup kontribusi peningkatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dari kedua belah pihak di kedua negara.

IHH Healthcare Malaysia merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan swasta terbesar di Malaysia dengan jaringan 16 rumah sakit yang tersebar di kota-kota besar – Kuala Lumpur, Penang, Melaka, Johor, yang mana dapat diakses dengan mudah dari Indonesia. IHH Healthcare Malaysia telah memberikan pasien Indonesia hasil pemeriksan klinis yang sangat baik dengan teknologi medis mutakhir, serta perawatan dan layanan pasien yang luar biasa selama 25 tahun.   

Chief Executive Officer IHH Healthcare Malaysia, Jean-François Naa menyampaikan bahwa “Sebagai mitra pilihan, Prodia merupakan rantai laboratorium kesehatan terbesar di Indonesia, IHH Healthcare Malaysia dengan bangga memberikan pilihan layanan kesehatan yang komprehensif kepada pelanggan Prodia yang melakukan perawatan medis di Malaysia.”

Lebih lanjut Jean-François Naa menambahkan, “Kami memiliki tim professional medis, bedah, dan klinis yang sangat berpengalaman yang dilengkapi dengan teknologi medis mutakhir dan inovasi terbaru, memungkinkan kami untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas kepada pasien kami. Dalam upaya berkelanjutan kami untuk melayani pasien Indonesia dengan lebih baik, kami telah meluncurkan One Stop Customer Service Hotline dimana masyarakat Indonesia, baik pasien maupun perawat, dapat menghubungi lewat telepon dan menerima bantuan pelayanan seperti pemesanan janji temu, pertanyaan medis, dan sebagainya.

Kerja sama dengan IHH Healthcare Malaysia menjadi salah satu langkah pencapaian visi Prodia sebagai “The Center of Excellence” yang mengedepankan Prodia sebagai laboratorium pusat rujukan nasional. Prodia telah membuktikan eksistensinya sebagai pemimpin pasar dalam industri Laboratorium Kesehatan Swasta di Indonesia selama bertahun-tahun. Prodia mencatat pertumbuhan market share dari 38.3% pada 2018 menjadi 39.5% di tahun 2020.

******

 

Tentang PT Prodia Widyahusada Tbk

Laboratorium klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Andi Widjaja beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, sejak 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP). Seluruh cabang Prodia telah mendapatkan akreditasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satunya dari College of American Pathologist (CAP), sebuah Lembaga profesi bidang laboratorium kesehatan di Amerika Serikat yang mendapatkan pengakuan internasional – selama 10 tahun berturut-turut. Dengan Akreditasi CAP ini, kualitas standar suatu Laboratorium klinik dinilai berdasarkan acuan Internasional, karenanya hasil Prodia dapat dipergunakan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di mancanegara. Sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Pada 7 Desember 2016, Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana Prodia sebagai emiten ke-15 di tahun 2016, dengan kode saham “PRDA”. Dalam aksi korporasi itu, Prodia telah menawarkan saham perdana sebanyak 187,5 juta lembar saham. Dengan demikian, dana yang diraih dari penawaran umum perdana saham (IPO) perseroan mencapai sebesar Rp 1,22 triliun.

Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 269 outlet, termasuk di 127 kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).  

Prodia telah meluncurkan Kontak Prodia 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA). TANIA dapat diakses oleh siapapun khususnya pelanggan Prodia secara langsung kapanpun dan dimanapun secara online diantaranya melalui LINE: @prodia.id, Telegram: @prodia.id, Facebook Messenger: @prodia.id dan Website Prodia: www.prodia.co.id. Layanan Prodia juga dapat dijangkau melalui Aplikasi Mobile Prodia (Prodia Mobile Apps) yang dapat diunduh melalui App Store & PlayStore.

 

Tentang IHH Healthcare

IHH Healthcare adalah salah satu jaringan layanan Kesehatan terbesar di dunia yang telah berdiri sejak 1974, tercatat dengan memiliki 80 rumah sakit di 10 negara disertai lebih dari 65,000 pekerja kesehatan, dengan fokus layanan kesehatan terintegrasi dari tingkat klinik, rumah sakit, hingga perawatan yang sangat khusus dan berbagai layanan medis akut. IHH terdiri dari 3 anak perusahaan, yaitu Parkway Pantai, Acibadem Holdings, dan International Medical University (IMU) yang menawarkan 8 brand terdepan: Acibadem, Mount Elizabeth, Prince Court, Gleneagles, Fortis, Pantai, Parkway, dan International Medical University. IHH tercatat sebagai emiten di Bursa Malaysia (KLSE) dan Singapore Exchange (SGX).

IHH Healthcare Malaysia merupakan salah satu penyedia layanan kesehatan swasta terbesar di Malaysia dengan jaringan 16 rumah sakit yang tersebar di kota-kota besar – Kuala Lumpur, Penang, Melaka, Johor, yang mana dapat diakses dengan mudah dari Indonesia. IHH Healthcare Malaysia telah memberikan pasien Indonesia hasil pemeriksan klinis yang sangat baik dengan teknologi medis mutakhir, serta perawatan dan layanan pasien yang luar biasa selama 25 tahun.    

 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi www.prodia.co.id atau menghubungi:

 

Marina Eka Amalia   

Legal Head & Corporate Secretary

PT Prodia Widyahusada Tbk.       

Ph.       +62-21-3144182 ext 3816

Email     corporate.secretary@prodia.co.id                                    

Vinotharan

Manager, Media and Content Manager

IHH Healthcare Malaysia

T: 012 3911 759

Email: vinotharan.kurukullam@ihhhealthcare.com