Kamis, 12 Januari 2017

Keselarasan Tubuh dan Pikiran

Keselarasan Tubuh dan Pikiran

Ketika Anda dalam keadaan baik dan sehat, sistem tubuh Anda berfungsi secara harmonis. Jika salah satu organ tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik, atau pikiran Anda terganggu, akibatnya organ-organ lain mungkin tidak dapat berfungsi dengan benar juga, kemudian Anda dapat menjadi sakit. Dengan demikian, penyakit dapat dianggap sebagai gangguan dari keselarasan fisik dan mental, bukan semata gangguan fisik saja.

Simbol Yin Yang

Simbol ini mewakili keseimbangan kekuatan di alam dan di dalam diri seseorang yang harmonis. Titik putih di bagian gelap menunjukkan bahwa akan selalu ada beberapa faktor yang di lingkungan yin dan sebaliknya, kedua faktor itu akan saling melengkapi. Tujuan dalam hidup dan alam, menurut pandangan tradisional Asia, adalah untuk menjaga keseimbangan yang harmonis antara yin dan yang.

Banyak filosofi Asia yang berusaha mewujudkan ide harmonisasi pikiran dan tubuh. Ide ini didasarkan pada energi universal yang disebut chi (qi), yang harus didistribusikan di seluruh pikiran dan tubuh untuk mencapai dan mempertahankan kesehatan secara harmonis. Harmoni dinyatakan sebagai keseimbangan kekuatan-kekuatan yin dan yang. Yin dan yang digambarkan sebagai aspek-aspek yang berlawanan dan komplementer dalam segala sesuatu, termasuk tubuh kita. Yang dicirikan sebagai sesuatu yang ringan, positif, kreatif, penuh gerak, dan memiliki sifat surga. Sementara yin, ditandai sebagai gelap, negatif, tenang, menerima, dan memiliki sifat bumi.

Bidang filsafat dan kedokteran di Asia, menganggap tubuh dan pikiran tidak dapat dipisahkan. Yin dan yang berlaku untuk proses mental dan fisik. Ketika yin dan yang dalam keseimbangan dalam individu, ada keadaan harmoni antara pengalaman kesehatan dan kebugaran. Namun, jika pasukan baik yin atau yang datang untuk mendominasi di seseorang, keadaan ketidakharmonisan diproduksi dan dapat menyebabkan penyakit.

Pengobatan penyakit dirancang untuk membangun kembali keselarasan pikiran dan tubuh. Keseimbangan yin dan yang adalah kekuatan harus dipulihkan sehingga kesehatan kembali. T'ai chi ch'uan dan Chikung (diucapkan je-kung) adalah dua metode Cina yang mengelola keseimbangan pikiran dan tubuh untuk membantu menjaga kesehatan dengan menyelaraskan tubuh dan pikiran. Latihan ini sangat berguna bagi orang tua yang tubuhnya tidak lagi dapat melakukan olahraga berat. Orang-orang yang praktek Chikung terbukti mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.