Jumat, 09 Juli 2021

Dukung Pemerintah Perbesar Cakupan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, Prodia Siap Layani Program Vaksinasi Gotong Royong

Dukung Pemerintah Perbesar Cakupan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia, Prodia Siap Layani Program Vaksinasi Gotong Royong

JAKARTA, 9 Juli 2021 – PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode saham: PRDA) siap mendukung program Vaksinasi Gotong Royong mulai bulan Juni 2021. Vaksinasi Gotong Royong merupakan program pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan dan keluarga karyawan yang pendanaannya dibebankan pada perusahaan. Pelayanan vaksinasi Gotong Royong hanya dapat dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan yang memenuhi persyaratan. Sebagai salah satu faskes terpilih untuk vaksinasi gotong royong, Prodia memiliki layanan klinik yang dapat turut serta melakukan vaksinasi kepada seluruh karyawan dan anggota keluarganya.

Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty mengatakan, “Sebagai wujud komitmen Prodia dalam mendukung pemerintah dalam memperbesar cakupan vaksinasi COVID-19 di Indonesia, kami siap bermitra dengan badan usaha baik swasta maupun BUMN untuk layanan vaksinasi gotong royong di fasilitas layanan kesehatan Prodia. Melalui program vaksinasi gotong royong, kami berharap dapat turut berkontribusi dalam upaya percepatan terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia,” tutur Dewi di Jakarta, (09/07).

Tata laksana pelayanan vaksinasi mengacu pada standar pelayanan dan standar prosedur operasional yang ditetapkan oleh tiap-tiap pimpinan fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi dari Kementerian Kesehatan. Setiap fasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan pelayanan vaksinasi Gotong Royong harus melakukan pencatatan dan pelaporan secara elektronik melalui Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19. Jenis vaksin yang diberikan dalam program Vaksinasi Gotong Royong ini diantaranya adalah Sinopharm yang didistribusikan oleh PT Biofarma.

Program Vaksinasi Gotong Royong, dilakukan bertahap, tahap pertama dimulai pada tanggal 18 Mei 2021, sampai dengan tahun 2022. Pelaksanaan layanan vaksin COVID-19 di Prodia dilakukan setelah penunjukkan sebagai faskes vaksinator dan dipilih perusahaan terkait.

Saat ini, terdapat 56 cabang Prodia yang disiapkan untuk mendukung program vaksin gotong royong diantaranya yaitu Medan S.Parman, Banda Aceh, Batam, Pekanbaru, Jambi, Kramat, Kemang, Bintaro, Kelapa Gading, Bogor (Pajajaran), Prodia Senior Health Centre Jakarta, Prodia Women's Health Centre Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Lampung, BSD, Bandung, Karawang, Solo, Yogyakarta, Surabaya Diponegoro, Mataram, Kupang, Denpasar, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Makassar, Panakukkang, Manado, Gorontalo, Kendari, Palu, Ternate Sorong, Palembang, Sunter, Malang, Balikpapan, Palangkaraya, Kotamobagu dan Jayapura.

Dalam pelaksanaannya, Prodia tetap berkordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat terkait layanan Vaksinasi Gotong Royong ini. Hingga saat ini, 17 cabang Prodia telah siap melayani vaksinasi gotong royong, 19 cabang telah divisitasi Dinkes dan menunggu diberikan akun PCare, dan 20 cabang lainnya masih menunggu jadwal visitasi dari Dinkes setempat. Sejak akhir Juni 2021 hingga saat ini, Prodia telah melayani beberapa perusahaan untuk vaksinasi gotong royong dan terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah mensukseskan layanan vaksinasi gotong royong.  

Terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang berlangsung sejak 3-20 Juli 2021, Perseroan mencatat kenaikan jumlah permintaan layanan Home Service yang meningkat sekitar 2-3 kali lipat. Selain itu, jumlah permintaan tes esoteric juga mengalami peningkatan sebesar sebesar 2 kali lipat per tanggal 7 Juli 2021. Pemesanan pemeriksaan kesehatan melalui Prodia Mobile juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi sebesar 3 kali lipat.

Pada kuartal I 2021, jumlah pemeriksaan mencapai 4,2 juta dan jumlah kunjungan mencapai 833.260. Jumlah permintaan tes esoterik mengalami peningkatan sebesar 279.7 % menjadi 516.711 tes. Perseroan berhasil membukukan rasio lancar sebesar 686,8% dan rasio cepat sebesar 661,0%. Rasio keuangan ini juga mencerminkan neraca Prodia yang juga semakin menguat.

******

Tentang PT Prodia Widyahusada Tbk

Laboratorium klinik Prodia didirikan pertama kali di Solo pada 7 Mei 1973 oleh beberapa orang idealis berlatar belakang pendidikan farmasi. Sejak awal, Andi Widjaja beserta seluruh pendiri lainnya tetap menjaga komitmen untuk mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, sejak 2012 Prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of American Pathologists (CAP). Sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Pada 7 Desember 2016, Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana Prodia sebagai emiten ke-15 di tahun 2016, dengan kode saham “PRDA”. Dalam aksi korporasi itu, Prodia telah menawarkan saham perdana sebanyak 187,5 juta lembar saham. Dengan demikian, dana yang diraih dari penawaran umum perdana saham (IPO) perseroan mencapai sebesar Rp 1,22 triliun.

Hingga saat ini, Prodia telah mengoperasikan jejaring layanan sebanyak 269 outlet, termasuk di 127 kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia, beberapa diantaranya merupakan Prodia Health Care (PHC) yakni layanan wellness clinic yang berbasis personalized medicine serta specialty clinics yang terdiri dari Prodia Children’s Health Centre (PCHC), Prodia Women’s Health Centre (PWHC) dan Prodia Senior Health Centre (PSHC).     

Prodia telah meluncurkan Kontak Prodia 1500-830 dan personal assistant virtual berbasis online Tanya Prodia (TANIA). TANIA dapat diakses oleh siapapun khususnya pelanggan Prodia secara langsung kapanpun dan dimanapun secara online diantaranya melalui LINE: @prodia.id, Telegram: @prodia.id, Facebook Messenger: @prodia.id dan Website Prodia: www.prodia.co.id.     

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi www.prodia.co.id atau menghubungi:

 

Marina Eka Amalia   

Legal Head & Corporate Secretary

PT Prodia Widyahusada Tbk. 

Ph.       +62-21-3144182 ext 3816

Email     corporate.secretary@prodia.co.id