Jumat, 30 September 2016

Agar Terhindari dari Penyakit Jantung

Agar Terhindari dari Penyakit Jantung

Terdapat sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko serangan jantung. Mulailah dengan membuat pilihan gaya hidup sehat:

  1. Makan 5 porsi buah dan sayuran tiap hari (1 porsi buah sama dengan satu buah pisang/ apel/ jeruk/ mangga ukuran sedang, 1 porsi sayur sama dengan 2 sendok makan sayur yang dimasak atau sebuah tomat ukuran besar).
  2. Hindari makanan berkadar garam tinggi seperti makanan yang diawetkan (misal ikan asin), makanan cepat saji (misal kentang goreng), makanan beku.
  3. Tingkatan asupan serat dengan mengonsumsi kacang-kacangan, oat, buah dan sayur.
  4. Konsumsi setidaknya 2 porsi ikan kaya omega 3 seperti makarel, sarden dan salmon yang dapat mencegah serangan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah.
  5. Batasi Alkohol.
  6. Batasi makanan yang kaya lemak.
  7. Kontrol jumlah makanan yang kaya lemak.
  8. Hentikan kebiasaan merokok.
  9. Perbanyak aktivitas fisik.
  10. Relaksasi dan tertawa (menonton film komedi setidaknya 15 menit dan tertawa dapat meningkatkan aliran darah dan membuat jantung lebih sehat).
  11. Lakukan pemeriksaan laboratorium dan tekanan darah secara berkala.