Tuesday, 15 December 2020

7 Cara Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Klaster Keluarga

7 Cara Mencegah Penularan Covid-19 Melalui Klaster Keluarga

Pada beberapa kota besar di Indonesia, kasus penularan Covid-19 dari klaster keluarga terus bertambah. Klaster keluarga adalah penyebaran virus corona yang terjadi ketika salah satu anggota keluarga terinfeksi Covid-19 dari luar rumah, lalu secara tidak sadar menularkannya ke anggota keluarga yang lain.

Misalnya, saat seseorang pergi berlibur atau bepergian ke dalam keramaian tanpa memerhatikan protokol kesehatan. Tanpa disadari, mereka dapat menularkan virus saat kembali ke rumah.

Oleh sebab itu, setiap anggota keluarga memiliki peran yang penting dalam mengantisipasi Covid-19 klaster keluarga. Lantas, bagaimana caranya?

Cara mencegah klaster keluarga Covid-19

Berikut beberapa cara mencegah klaster keluarga Covid-19 yang bisa kamu lakukan bersama keluarga:

Tidak mengadakan acara di rumah atau menghadiri pertemuan keluarga

Kamu disarankan untuk tidak mengikuti acara keluarga besar di tengah pandemi. Acara keluarga besar cenderung melibatkan banyak orang sehingga potensi penularan Covid-19 semakin besar. Sebagai solusinya, Kamu bisa berinteraksi dengan keluarga besar secara online.

Menjaga jarak

Penularan Covid-19 di rumah bisa mengancam seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, kamu perlu menerapkan jaga jarak di rumah, misalnya berada di ruangan terpisah dengan anggota keluarga lain, terutama jika ada anggota keluarga yang sakit atau kerap bepergian ke luar rumah.

Memakai masker

Apabila kamu sering bepergian ke luar rumah, sebaiknya kamu senatiasa menggunakan masker saat di rumah. Hal ini penting dilakukan, terutama jika terdapat anggota keluarga yang rentan terinfeksi virus corona, seperti balita dan lansia. Masker juga perlu diganti setiap 4 jam.

Mencuci tangan

Kebiasaan mencuci tangan secara rutin dapat melindungi kamu dan keluarga dari bahaya Covid-19. Kamu bisa mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik atau hand sanitizer yang mengandung alkohol 60 persen, guna menghilangkan virus yang menempel.

Usahakan untuk mencuci tangan dalam berbagai kondisi berikut:

?      Setelah berada di tempat umum

?      Setelah bersin, batuk, atau membuang ingus

?      Sebelum makan atau menyiapkan makanan

?      Sebelum menyentuh wajah

?      Setelah ke kamar mandi

?      Setelah melepas masker

?      Setelah mengganti popok

?      Setelah merawat orang yang sakit

?      Setelah menyentuh hewan.

Menerapkan etika bersin dan batuk

Hindari batuk dan bersin di depan anggota keluarga. Sebaiknya, tutup mulut dan hidung kamu dengan tisu atau siku bagian dalam saat batuk maupun bersin. Lalu, buanglah tisu bekasnya ke tempat sampah dan segera cuci tangan kamu dengan sabun.

Membersihkan rumah

Bersihkan dan disinfeksi rumah secara rutin dengan menyapu, mengepel, dan mengelap barang-barang menggunakan pembersih yang mengandung desinfektan. Pembersih tersebut dapat membantu membunuh virus yang menempel di permukaan.

Menjaga kesehatan

Pastikan seluruh anggota keluarga menjaga kesehatan dengan baik. Konsumsi makanan bergizi seimbang beserta vitamin atau suplemen tambahan untuk meningkatkan kekebalan tubu. Sehingga, kamu dan keluarga tidak rentan terkena infeksi virus corona. Selain itu, minum air putih dan tidur dengan cukup, serta hindari stres.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, penularan Covid-19 klaster keluarga bisa dihindari. Jadi, mari lakukan cara-cara pencegahan ini mulai dari sekarang.

 

Referensi:

CDC. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/prevention.html

Diakses pada 16 Oktober 2020

 

Setkab. https://setkab.go.id/en/govt-to-intensify-3m-campaign-to-curb-covid-19-family-cluster/

Diakses pada 16 Oktober 2020

 

The Jakarta Post. https://www.thejakartapost.com/news/2020/09/25/danger-at-home-families-urged-to-avoid-gatherings-as-new-clusters-emerge.html

Diakses pada 16 Oktober 2020

 

UGM. https://ugm.ac.id/en/news/20037-ugm-epidemiologist-community-gathering-might-cause-covid-transmission-in-family-clusters

Diakses pada 16 Oktober 2020