PEMERIKSAAN LABORATORIUM

Tacrolimus

Deskripsi:

Tacrolimus merupakan imunosupresan yang digunakan pada transplantasi ginjal, hati, dan sumsum tulang. Tacrolimus 10-100 kali lebih poten dari siklosporin.

Manfaat Pemeriksaan:

Manfaat imunosupresan tersebut tampaknya terkait dengan fungsi sel T-helper dan sekresi limfokin yang menurunkan produksi interleukin. Seperti halnya siklosporin, toksisitas ginjal dan gagal ginjal dapat merupakan komplikasi tacrolimus yang parah. Pemeriksaan lain untuk menentukan fungsi ginjal seperti klirens kreatinin sebaiknya dilakukan bersamaan dengan penentuan konsentrasi tacrolimus. Untuk mencegah nefrotoksisitas berlebihan, maka tacrolimus sebaiknya tidak digunakan simultan dengan siklosporin. Pemeriksaan TDM Tacrolimus digunakan untuk memantau kecukupan dosis dalam penanganan imunosupresan untuk transplan organ. Tacrolimus digunakan untuk mencegah penolakan organ pada waktu transplantasi organ.

Detail
Persyaratan & Jenis Sampel Stabilitas Sampel Persiapan Pasien Pengambilan sampel dilakukan segera sebelum dosis berikutnya Hari Kerja Metode Nilai Rujukan Tempat Rujukan Catatan