Senin, 01 Juli 2019

Nutrigenomik: Yang Perlu Diketahui Tentang Karakter Genetik Anda

Nutrigenomik: Yang Perlu Diketahui Tentang Karakter Genetik Anda


Nutrigenomik: Yang Perlu Diketahui Tentang Karakter Genetik Anda

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2017, terjadi transisi penyakit, di mana semakin sedikitnya penyakit menular berbanding terbalik dengan penyakit tidak menular yang semakin meningkat dikarenakan ditemukannya vaksin dan antibiotik. Penyakit Tidak Menular (PTM) menjadi pemicu utama kematian terbesar di Indonesia.

Apa sebenarnya Penyakit Tidak Menular itu?

Terdapat empat tipe utama PTM, yaitu penyakit kardiovaskuler, kanker, pernapasan kronis, dan diabetes. Pemicu terbesar yang menggiring kepada PTM adalah faktor pola hidup modern, seperti pola makan yang kurang terjaga, merokok, penggunaan obat-obatan, dan kurangnya aktivitas fisik.

Aktivitas diet adalah salah satu pola hidup modern. Hal ini ditandai dengan banyak bermunculan berbagai macam jenis diet, dari diet membatasi asupan karbohidrat dan garam yang dikenal dengan diet mayo sampai diet karbohidrat dan memperbanyak lemak yang dikenal dengan diet keto.
Menerapkan sebuah pola diet dengan tujuan mengurangi berat badan, atau bahkan meningkatkan berat badan diperbolehkan. Tetapi, apakah diet yang Anda pilih adalah diet yang sesungguhnya dibutuhkan tubuh Anda?

Setiap tubuh memiliki karakter yang bisa diketahui lewat gen Anda. Dengan mengenal bagaimana karakter gen, asupan nutrisi yang Anda butuhkan pun akan tercukupi. Nutrigenomik adalah salah satu cara bagaimana Anda mengenal karakter tubuh Anda dan asupan nutrisi apa yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Sebelum mengenal lebih dalam mengenai Nutrigenomik, telebih dahulu perlu mengetahui apa itu nutrisi dan genomik.

Nutrisi memiliki hubungan yang kuat dalam kaitannya dengan gizi. Sedangkan genomik adalah bidang yang mempelajari mengenai genom, bagaimana interaksi antar gen dan bagaimana lingkungan memengaruhinya.

Dapat kita simpulkan, bahwa nutrigenomik adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor genetik dengan nutrisi yang dapat memengaruhi bagaimana gen bereaksi terhadap nutrisi yang menjadi asupan.

Dengan mengenal tipe gen di dalam tubuh, bagaimana gen bereaksi ketika Anda mengonsumsi makanan tertentu, banyak atau tidak kuantitasnya, atau bahkan kandungan gizi yang terkandung, Anda dapat mengetahui apa yang sejatinya tubuh Anda butuhkan.
Tidak hanya kualitas maupun kuantitas asupan nutrisi yang Anda butuhkan, tetapi aktivitas tubuh yang perlu dilakukan juga menjadi faktor untuk menjaga kondisi tubuh yang seimbang dengan apa yang Anda makan.